Pages

Thursday, January 17, 2019

Manfaat Bermain Lumpur Untuk Anak-Anak

Bermain Lumpur di Sawah
Tidak bisa di pungkiri ya bun, jika kenyataannya anak-anak sangat suka bermain tanah yang berair atau lumpur. Bermain lumpur memang sangat mengasikkan, saya juga dulu sangat senang bermain lumpur. Apalagi rumah kami dekat dengan persawahan, dulu setiap sore sebelum mandi sore saya dan teman-teman bermain dulu di sawah, pamitnya sama ibu cari ikan, cari belut, nemenin teman yang mandiin sapi,dll. Padahal kami main kejar-kejaran, lempar-lemparan pakai bola lumpur, puas bermain saya dan teman-teman mandi di kali sambil membersihkan baju dan badan yang penuh lumpur. Senangnya masa itu, masa kecil yang bahagia dan tidak bisa di ulang kembali.

Asiknya Bermain Lumpur
Setelah saya baca-baca dari berbagai info, ternyata banyak manfaat bermain lumpur untuk anak-anak. Kebetulan sekarang saya memiliki seorang anak laki-laki yang berusia 3 tahun bernama Ega, dan saat ini lagi senang-senangnya bermain becek-becekan alias bermain lumpur. Sebagai ibu yang baik, eeh... berusaha dan belajar menjadi ibu yang baik, saya biarkan Ega bermain dengan asik ngadoni lumpur, lumpurnya untuk lulur, dan kadang untuk berenang juga. Tidak masalah deh, asal anaknya senang terus baju kotor juga bisa di cuci bersih lagi, apalagi setelah saya tahu manfaat bermain lumpur untuk anak-anak. Saya semakin lega membiarkannya bermain, tapi tetap dalam pengawasan dan waktu yang tidak terlalu lama menghindari kedinginan.

Manfaat Bermain Lumpur Untuk Anak-anak

Tanah kering diberi air jadi lumpur 
1. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak
Saat bermain lumpur, Sistem imun akan membentuk antibodi yang dapat menjaga kekebalan tubuh saat terpapar bakteri.
2. Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif Anak
Ketika anak bermain lumpur dapat membuatnya merasa senang, perasaannya menjadi tenang dan itu dapat mengaktifkan fungsi yang lebih baik dari otak.
3. Dapat Menghindarkan Anak Dari Bakteri
Anak yang bermain lumpur mendapat banyak paparan bakteri yang berbeda, jika kita selalu menjaga anak untuk bersih dan
melarangnya kotor justru dapat membuat anak mudah terkena alergi seperti asma.
Bagaimana bunda, masih melarang anak bermain tanah atau lumpur, Setelah mengetahuhi manfaat bermain lumpur untuk anak-anak???
Semoga bermanfaat. Salam Keluarga Bahagia.
#MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju

0 comments:

Post a Comment