Pages

Monday, May 13, 2019

Tips Mengajarkan Puasa Pada Anak

Makan sahur
Halo bunda, apa si kecil sudah mulai puasa tahun ini?
Umur berapa sih anak mulai di ajarkan puasa?
Sering kita mempertanyakan hal itu ya bun, nah di sini saya akan berbagi pengalaman dan tips mengajarkan puasa pada anak yuuk disimak!

Umur Berapa Anak Mulai Diajarkan Puasa?      

Anak saya Ega sekarang usianya 3,5 tahun, dia sudah mulai mengerti apa itu puasa. Setiap sahur Ega selalu ikut bangun untuk menemani kami santap sahur. Ega termasuk anak yang peka terhadap suara, karena rumah kami bersebelahan dengan masjid dan saat suara mebangunkan sahur dari masjid terdengar Ega pun langsung terbangun. Nah, ini pertanda baik untuk saya mengajarkan puasa pada si kecil. Karena usia juga masih terlalu kecil jadi saya baru mengenalkan puasa itu tidak boleh makan dan minum kalo siang, jadi makan dan minum kalo malam. 
Nampaknya si kecil juga sudah mulai paham, saat dia makan siang saya buatkan sayur sop wortel favoritnya. Ega makan sangat lahap, dan dia berkata pada saya "Bunda puasa ya? gak boleh makan kalo masih siang", Saya jawab "Betul betul betul, besok Ega juga puasa ya, kayak upin sama ipin aja puasa lho", "Iya, habis maem ini Ega ya puasa kayak embun, Ega gak maem, gak mimum" senyum geli saya denger jawaban Ega.
Buka Bersama
Nah, dari pengalama saya melihat ponakan-ponakan dan anak-anak tetangga, usia anak bisa di ajak berpuasa adalah sekitar 5 tahun. Usia ini anak mulai bisa di nasehati dan mulai bisa menahan diri untuk tidak makan dan minum. Meskipun anak hanya kuat puasa setengah hari atau puasa beduk yang jam 12 siang buka dulu, makan dan minum lalu lanjut puasa lagi sampai magrib. Tapi ada juga anak yang benar-benar belum bisa menahan lapar, dia akan marah jika dilarang makan. Semua kembali lagi tergantung kondisi anak ya bun. Jika memang si kecil belum kuat jangan dipaksakan karena akan berdampak buruk untuk anak nantinya. 

Tips Mengajarkan Puasa Pada Anak

1. Berikan Contoh 
Penting sekali memberikan contoh untuk ditiru si kecil. Kita sebagai orang tua adalah contoh yang utama ditiru si kecil.
2. Berikan Pengertian Bahwa Puasa Adalah Ibadah 
Puasa adalah ibadah yang harus kita lakukan sebagi umat muslim. Allah sayang kepada umat yang mau menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, beri pemahaman secara perlahan agar si kecil mengerti maksud dan tujuan kita memintanya berpuasa.
3. Siapkan Menu Berbuka dan Sahur yang Spesial. 

Menu Buka Favorit Si kecil
Agar si kecil makin semnagat saat makan sahur dan berbuka, bunda bisa siapkan menu kesukaannya. Hal itu dapat membuat si kecil makin bersemangat untuk menjalankan puasa. Penting ya bun menyiapkan gizi seimbang untuk si kecil dan segelas SGM Eksplor saat sahur dan saat buka puasa agar nutrisi si kecil tetap terpenuhi saat menjalankan puasa.
4. Ajak Si kecil Terlibat Dalam Tradisi Ramadan
Ngabuburit Beli Takjil
Kita bisa melibatkan si kecil untuk merasakan euforia ramadan, sebagai contoh mengajaknya ngabuburit, mengajaknya mendatangi pasar ramadan yang banyak kita jumpai saat bulan ramadhan.
5. Berikan Apresiasi
Berikan pujian dan hadiah untuk si kecil agar dia makin bersemangat. Kalo pujian harus ya bun berikan untuk si kecil, tapi kalo hadiah gak harus sih yang penting puasa karena ibadah bukan karena hadiah, betul kan bun?
Semangat ya bun, mengajarkan puasa pada si kecil. Selalu berikan yang terbaik agar si kecil bisa tumbuh dengan 5 potensi prestasi yaitu Cerdas, Kreatif, Supel, Mandiri, Tumbuh Tinggi & Kuat. Berikan 2x SGM Eksplor setiap hari untuk bantu penuhi nutrisinya. 
#MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju


1 comments:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete