Pages

Wednesday, October 28, 2015

Bahaya Tidur di Pagi Hari bagi Kesehatan

Sering kita merasakan kantuk yang sangat dan serasa memaksa kita untuk pergi tidur. memang pagi hari adalah waktu yang sangat enak untuk tidur, udaranya terasa sejuk dan segar sangat cocok untuk kembali tidur tapi jangan biarkan hal itu terjadi, karena tidur di pagi hari sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini mengenai bahaya tidur di pagi hari bagi kesehatan:


Malas Untuk Melakukan Aktivitas di sisa Harinya


Karena tubuh terasa pegal setelah bangun siang, lelah, dan lemas kita tentu akan merasa sangat malas untuk memulai aktivitas. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur pagi, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.

Sakit kepala


Seringnya tidur di pagi hari menyebabkan penumpukan cairan serebrospinal. Cairan itu bisa bergerak ke otak ketika tidur terlalu lama di pagi hari. Kondisi ini, jika berlangsung dalam waktu lama dan tidak segera diobati dapat menyebabkan sakit kepala parah dan bahkan menyebabkan kebutaan.

Lesu


Tidur yang berlebihan bisa membuat lesu dikarenakan metabolisme tubuh dirancang untuk tidur saat malam hari dan tidak dirancang saat pagi hari. Hal ini akan berpengaruh pada sistem tubuh yang kurang bekerja secara norma, dimana ini akan berpengaruh pada tingkat energi kita ketika bangun. Jika kita ingin tidur sedikit lebih lama, usahakan jangan lebih dari tiga puluh menit.

Sulit Berkonsentrasi


Kesulitan berkonsentrasi pun menjadi salah satu akibat dari tidur di pagi hari. kita tentu akan mengalami jalan buntu ketika memikirkan sesuatu setelah bangun siang, kita juga belum bisa mengembangkan ide-ide baru yang sebelumnya kita rancang, disebabkan dengan banyak tidur aliran darah ke otak tidak lancar karena kita tidak banyak bergerak. Kita akan mendapatkan konsentrasinya kembali jika sehabis bangun tidur pagi dia langsung berolahraga. Kesulitan berkonsentrasi ini biasanya akan berlanjut selama berjam-jam sampai kondisi metabolisme tubuh kembali normal.

Diabetes


Kita yang terlalu banyak tidur dan sedikit melakukan aktivitas rentan untuk terkena diabetes.  Alasannya adalah tidak memiliki waktu untuk membakar lemak dan kalori yang ada di dalam tubuhnya kita. Akibatnya adalah penumpukan lemak dan kalori di dalam tubuh bisa membuat penyerapan gula darah di dalam tubuh menjadi berkurang. Penumpukan gula darah yang berlebihan di dalam tubuh bisa membuat kita terkena diabetes.

Penyakit Jantung


Dengan hasil penelitian yang ada, yang sudah dikerjakan oleh Nurses Health Study pada 72.000 wanita disini menunjukkan bahwa ketika seorang wanita tertidur terlalu lama hingga pagi hari, dimana kisaran waktu sekitar 9-11 jam . Ini dekat dengan resiko terkena penyakit jantung 38% lebih tinggi. Penyakit jantung juga dapat terjadi akibat bahaya makan malam sebelum tidur karena lambung membutuhkan waktu minimal 4 jam untuk memproses makanan kita. Serangan jantung dapat terjadi sebagai akibat lemak yang menumpuk, dan memiliki resiko menyumbat bagian-bagian pembuluh darah. Hal ini akan meningkatkan resiko dalam mengalami serangan jantung, disamping faktor-faktor lainnya. Dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau camilan pada malam hari sebelum tidur, akan meningkatkan lemak dalam tubuh dan memungkinkan anda untuk mengalami serangan jantung.

Menganggu Kondisi Psikologi


Umunya sel-sel otak akan kembali bekerja ketika kita bangun pagi. Sedangkan tidur di pagi hari bisa membunuh sel-sel otak kita sehingga tentu ini bisa menggangu kondisi psikologi kita. Kepala sakit dan malas berpikir merupakan salah satu akibat dari banyaknya sel-sel otak yang mati. Uniknya, terkadang kita juga pun akan lupa kapan waktu kita terbangun, entah pagi, siang, atau malam.

0 comments:

Post a Comment