Pages

Thursday, February 21, 2019

Cara Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Ega Menabung
Halo bunda hebat,
Kali ini saya akan berbagi tips tentang cara mengajarkan anak menabung sejak dini pada buah hati kita. Pasti senag ya bun, jika kita melihat sikecil yang rajin menabung dan tidak boros. Manfaat menabung juga sangat baik untuk kita. Misal saja saat ada kebutuhan mendesak kita bisa memakainya terlebih dahulu.

Sejak Usia Berapa Sebaiknya Kita Mengajarkan Anak Menabung?

Celengan Kucing
Sering kita mendengar pertanyaan seperti itu, "Sejak kapan ya kita ajarkan menabung pada si kecil?"
menjawab pertanyaan itu menurut saya pribadi ya sebaiknya sedini mungkin. Saya mengajarkan menabung pada anak saya Ega saat berusia 2 tahun. Saat itu dia belum mengerti apa itu uang, fungsinya untuk apa, apalagi nilai uang itu. Cara mengajarkan anak menabung sejak dini yang saya terapkan pada Ega dengan membelikannya celengan. Saat itu kami pergi Bersama ke pasar dan Ega merengek minta mainan, nah karena bentuk celengannya binatang-binatang lucu jadi Ega pikir itu mainan. Sesampai dirumah saya berikan beberapa uang logam pada Ega untuk dimasukkan ke dalam lobang yang ada dicelengan itu. Sambil bermain dan belajar berhitung saat memasukkan uang kedalan celengan ayam yang dipilih Ega.
Ega sangat senang, bahkan setiap hari bisa berkali-kali dia minta uang untuk di masukkan ke ayamnya. Celoteh Ega "bun, ayamnya belum gendut ini" sambil minta uang logam lagi.
Sampai-sampai dimanapun dia jika melihat uang logam langsung diambil dan bilang "mau dimaskukkin di ayam".
Sedikit cerita, pernah saat kita berkunjung kerumah nenek dan nenek memberikan sangu Rp.20.000 untuk Ega. Jawaban Ega tidak terduga dia bilang "tidak mau" sambil EGa ngeliatin tas
nenek yang terdengan uang recehnya. Saya bilang ke nenek, "coba Ega dikasi yang recehan aja Nek". Nenek pun mengeluarkan beberapa uang recehnya dan memberikan pada Ega, tanpa pikir panjang Ega langsung mengambil semua sambil senyum dan berkata "Aciiih" yah kami semua tertawa dengan tingkah Ega itu. Dibawah ini saya akan berbagi tips Cara mengajarkan anak menabung sejak dini yang dapat bunda terapkan pada sikecil.

Cara mengajarkan anak menabung sejak dini

  1. Celengan Ayam
    Mengenalkan uang dan fungsinya pada anak. Langkah awal yang perlu kita sampaikan pada anak adalah apa itu uang dan fungsi uang untuk apa. Kita dapat memberikan contoh sederhana pada anak, misal dengan menyuruhnya memberikan uang pada penjual saat membeli sesuatu.
  2. Pilihkan celengan lucu yang disukai anak. Dengan begitu dapat menarik minat anak untuk menabung,
  3. Jelaskan tujuan keuangan pada anak. Kita perlu memberikan pengertian mengenai hal yang dapat diperoleh dan manfaat menabung. Dengan menabung kita dapat membeli barang yang diinginkan. Hal itu diharapkan dapat melahtih anak mengatur dan membelanjakan uangnya dengan tepat.
  4. Ajarkan kepada anak untuk memilih barang yang diingnkan, dalam artian ketika uang yang ditabungnya sudah banyak jangan lantas di gunakan untuk membeli semua barang yang diinginkannya. Sebagai orang tua kita juga harus mengajarkan untuk pintar memilih barang yang diinginkan, tetap menyisihkan untuk ditabung dan tidak boros.
  5. Berikan contoh pada anak jika orang tuanya juga suka menabung. Sesekali ajak anak ke Bank untuk menabung. Kita juga memberikan contoh tidak boros dalam berbelanja, membeli hanya yang dibutuhkan saja. Jika anak terbiasa melihat orang tuanya yang hemat dan cermat dalam mengatur keuangan, hal itu dapat menjadikan anak lebih paham dan lebih bijak dalam membelanjakan uang di masa akan datang.
Semoga bermanfaat untuk kita dengan menerapkan Cara mengajarkan anak menabung sejak dini dapat mendidik anak hidup hemat dan rajin menabung. Salam keluarga Bahagia. #MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju

0 comments:

Post a Comment