Pages

Monday, February 4, 2019

Manfaat Bermain Masak-Masakan Untuk Anak-Anak

Ega Bermain Masak-Masakan
Dulu saya juga sangat suka bermain masak-masakan karena saya melihat Ibu waktu masak jadi sangat ingin meniru Ibu memasak, menyajikan makanan yang nikmat untuk saya dan bapak. Apalagi saya anak perempuan,  sudah menjadi kebiasaan permainan anak perempuan masak-masakan, ternyata banyak manfaat bermain masak-masakan untuk anak-anak, nanti kita bahas ya bun.
Bermain Masak-masakan
Nah saat ini saya sudah menjadi Ibu sungguhan dan memiliki anak laki-laki bernama Ega yang baru berusia 3 tahun. Karena saya full mom alias ibu rumah tangga, saya sering mengajak Ega agar menemani saya masak. Ega sangat senang sekali, sekarang dia sudah hafal dan bisa membedakan antara bawang merah, bawang putih dan cabai, karena saya sering memintanya untuk mengambiklan bahan itu. Ega juga suka bermain masak-masakan, kata Ega "Ega pingin masak yang enak buat bunda", ya seperti di foto ini, dia asik seolah menjadi chef professional yang sedang asik memotong-motong bahan untuk di masak menjadi masakan lezat. Karena Ega minta pisau sungguhan, saya selalu ingatkan agar dia berhati-hati walau pisaunya tidak tajam tetap saja bias untuk mengiris dan jika tidak hati-hati tangannya bias teriris.

Manfaat Bermain Masak-Masakan Untuk Anak-Anak

Ega Masak Sama Bunda
1. Meningkatkan Bonding
Bunda dapat bermain bersama si kecil, mengahabiskan waktu bermain bermain bersama dapat meningkatkan kedekatan antara orang dan anak. Karena saat bermain bersama anak akan mengingat dengan siapa dia bermain bukan main apa yang dimainkan. Oleh karenanya sebisa mungkuin bermainlah bersama si kecil.
2. Imajinasi
Ketika bermain masak-masakan si kecil akan berimajinasi tentang apa yang dimasaknya, apa yang digorengnya, dan apa minuman yang sedang di buatnya. Hal itu sangat menstimulasi imajinasinya.
3. Bermain Peran
Si kecil akan belajar bermain peran saat bermain, dia akan menjadi penjual atau juru masak yang siap membuat masakan sesuai pesanan. Dengan begitu si kecil akan belajar karakter, dan bermain peran akan mensimulasi kecerdasan bahasa.
4. Kecerdasan Bahasa
Secara tidak langsung kecerdasan bahasa akan meningkat, saat bermain banyak sekali obrolan yang
dapat memperbanyak kosakata si kecil. Si kecil akan berkata seolah dia koki hebat yang bertanya kepasa pembeli ingin pesan apa, dari situlah kecerdasan bahasa bias terstimulasi saat bermain peran.
5. Melatih Motorik Halus
Saat bermain masak-masakan pasti akan melibatkan tangan, koordinasi mata dan tangan untuk menyendok dan mengiris dapat melatih motorik halusnya untuk menguatkan otot-otot jarinya sebagai dasar untuk menulis nantinya.
Nah bun, banyak ya manfaat bermain masak-masakan untuk anak-anak, ayo ajak si kecil bermain bersama. Walau anak bunda laki-laki bermain masak-masakan juga baik untuk si kecil, chef juga banyak kok yang laki-laki.
Ingat! tetap selalu dalam pengawasan ya bun,,, Salam Keluarga Bahagia.
#MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju

0 comments:

Post a Comment