Pages

Tuesday, November 3, 2015

Kandungan Gizi Daun Kelor Penuhi Kebutuhan Gizi Keluarga

Daun Kelor

Hari ini hari minggu 1 November 2015, cuaca di daerah saya panas sekali. Tapi saya dan suami saat ini sedang senang-senangnya bercocok tanam. Sore hari saat udara mulai sejuk dan matahari tidak terlalu terik membakar kulit, kami mulai menanamnya.

Kebetualn saat ini kami sedang tertarik dengan tanaman kelor, kami nenyiapkan polibek yang kami isi dengan campuran tanah, pupuk kandang, dan pupuk kompos. kami susun rapi di halaman belakng dekat kolam ikan, supaya selalu sejuk. kami menanam biji daun kelor, bentuknya segitiga panjang, setelah di kupas dalamnya berbentuk bulat-bulat.
Biji Kelor


Ini adalah pengalaman pertama kami menanam bibit kelor, menurut informasi yang kami dapat dalam waktu 3 ulan kelor sudah tumbuh dan dapat di panen. Saya dan suami tertarik menanam pohon kelor karena ternyata daun kelor memiliki khasiat yang sangat banyak untuk mengobati berbagai macam penyakit dan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan tubuh kita. Inilah alasannya mengapa kami tertarik menanam pohon kelor? karena, kandungan gizi daun kelor penuhi kebutuhan gizi keluarga.

Berikut kandungan yang ada di dalam daun kelor yang perlu kita ketahui

Daun kelor kaya akan Vitamin A


Vitamin A bertindak sebagai pelindung melawan penyakit mata, kulit, jantung, diare, dan banyak penyakit ringan lainya. Wortel diketahui sangat kaya vitamin A. Tetapi vitamin A pada daun kelor 4x lebih tinggi daripada wortel.

Daun kelor mengandung lebih banyak vitamin C


Vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dan melawan penyakit infeksi termasuk flu dan pilek. Buah-buah yang berasa asam seperti jeruk dan lemon mengandung banyak vitamin C. Tetapi Vitamin C daun kelor 7x lebih banyak daripada jeruk.

Daun kelor mengandung kalsium


Kalsium membangun tulang dan gigi yang kuat dan membantu mencegah osteoporosis. Susu menyediakan banyak kalsium tapi kalsium pada daun kelor 4x lebih banyak dari kalsium susu. Daun kelor dapat membantu membangun kembali tulang-tulang yang lemah, mengatasi kekurangan darah dan sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui untuk memenuhi gizi bagi bayinya.

Daun kelor mengandung potassium


Potassium penting untuk otak dan saraf. Pisang adalah sumber potassium yang sangat baik. Daun kelor mengandung potassium 3x lebih banyak daripada pisang.

Daun kelor mengandung Protein


Protein dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Protein menjadi zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. sistem imunitas mendapatkan dukungan dari berbagai jenis organ tubuh yang sehat, tubuh mampu melindungi dari serangan kuman, bakteri dan parasit. Selain itu protein juga akan meningkatkan kemampuan sistem syaraf. daun kelor memiliki 2x lebih banyak protein daripada susu.

Nah setelah tahu nengenai kandungan daun kelor ini lah yang membuat kami jadi tertarik, apalagi banyak manfaat yang didapat dari daun kelor, banyak penyakit yang dapat di obati dengan daun yang bentuknya bulat kecil yang memiliki khasiat luar biasa. beberapa penyakit yang dapat diobati dengan daun kelor, alergi, sakit mata, sariawan, herpes, reumatik, dan dapat menghilangkan flek-flek hitam di wajah. Banyak sekali manfaat daun kelor ini, jadi jangn ragu untuk membudidayakan tanaman ini di pekarangn rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menggerakkan hati pembaca untuk membudidayakan daun kelor. Salam Keluarga Bahagia.

0 comments:

Post a Comment