Pages

Monday, April 15, 2019

Manfaat Bermain Melipat Kertas Untuk Anak

Bermain Melipat Kertas
Lihat nih, Ega asik sekali bermain melipat kertasnya. Akhir-akhir ini Ega senang membuat bentuk-bentuk dari lipatan-lipatan kertas atau yang sering disebut bermain origami. Kalau Ega sih sembarang kertas yang di temui bisa langsung di bentuk menjadi sesuatu yang menjadi imajinasnya. Jadi saya harus hati-hati meletakkan buku atau kertas yang penting, salah naruh nanti untuk mainan Ega deh.
Seru sekali saat saya mengajari Ega membuat pesawat terbang, Ega dengan penuh semangat menirukan cara tangan saya melipat kertas menjadi bentuk pesawat. Meski kadang dia suka jengkel kalo hasilnya tidak bagus seperti buatan saya. Ega minta di ulangi dan dia mengamati dengan serius lalu dibuat lagi sampai dia berhasil membuatnya. Apakah bunda tahu, jika bermain melipat kertas memiliki banyak manfaat untk anak? 

Manfaat Bermain Melipat Kertas Untuk Anak

Melipat Kertas Melatih Motorik Halus
1. Melatih Motorik Halus
Ketika bermain melipat kertas, motorik halus akan berkembang  dengan baik. Ketrampilan jari saat melipat kertas membuat berbagai bentuk muali dari yang mudah sampai yang sulit sangat bermanfaat untuk perkembanga anak.

2. Melatih Kreativitas
KreatiVitas anak akan terlatih saat dia berusaha membuat sebuah bentuk seperti perahu, pesawat, dan bentuk lainnya.

3. Melatih Daya Ingat
Anak akan berusaha membuat kembali bentuk yang telah dibuatnya bersama arahan orang tua/gurunya. Disitulah daya ingat anak akan terlatih, anak akan berusaha mengingat bagaimana cara dan urutan yang harus dilipat dahulu.

Menciptakan Rasa Senang
4. Melatih Imajinasi 
Terkadang anak akan menemukan bentuk yang menurut imanjinasinya adalah sebuah objek yang diinginkan. Misalnya bentuk robot, bentuk yang cukup rumit ini dapat di buat anak dengan mengunakan imajiansinya ( Ega sering buat kertas di kepal-kepal membentuk tangan, kertas di lipat-lipat Panjang mebentuk tangan/kaki ).

5. Menciptakan Rasa Bahagia dan Semangat
Tidak di pungkiri lagi jika setiap anak akan merasa senang jika bermain melipat kertas. Sehingga dapat menciptakan mood yang baik untuk anak. Ketika anak memiliki rasa bahagia dan senang maka dia akan menjadi bersemangat. Hal itu sangat baik untuk perkembangannya.

Nah bunda, itu tadi Manfaat Bermain Melipat Kertas Untuk Anak. Ternyata bagus sekaliya untuk perkembangan anak. Jadi ketika anak bermain melipat kertas dan membuat lantai berserak sobekan kertas jangan dimarah ya bunda, kita berikan saja arahan suapaya setelah selesai dia mau membereskannya lagi. Oya bunda, jangan lupa berikan 2x sehari SGM Eksplor untuk bantu penuhi nutrisi anak kita ya bun, supaya dai dapat menjadi generasi maju.
#MombassadorSGMEksplor #SGMEksplor #GenerasiMaju

0 comments:

Post a Comment