Pages

Monday, April 22, 2019

Manfaat Membiarkan Anak Menangis

Membiarkan Anak Menangis
Kebanyakan oang tua akan bingung saat anaknya nangis, berusaha menenangkan agar si kecil terdiam dari tangisannya. 
Berbagai macam cara yang di lakukan orang tua agar anaknya berhenti menangis.
"Cuuuup, sayang jangan nangis"
"Sini-sini sayangnya bunda kenapa?"
"Mau apa sayang? jangan nagis lagi ayo bunda belikan" (saat nangis minta mainan)
"Mana yang sakit? Ow kodoknya lompat" (saat anak terjatuh dan menangis)
Kata-kata itu sering terucap dari orang tua ketika anaknya menangis.

Kadang kita tidak sadar ya bun, justru larangan menangis dan memberiakan anak sesuatu agar dia mau diam dari tangisannya justru akan membuat dia menjadi anak yang tidak disiplin, tidak bertanggung jawab, tidak mau mengakui kesalahannya. Anak akan cenderung menjadi manja, dan menjadikan tangisannya sebagai senjata agar semua keinginananya dapat terpenuhi.
Apakah bunda seperti itu???

Membiarkan Anak Menangis, Apakah Baik?

Menangis
Banyak sekali pertanyaan itu menjadikan galau para bunda. Ternyata bagus sekali manfaat membiarkan anak menangis untuk pertumbuhan dan perkembangannya besar nanti.
Kalau saya sejak dulu sudah terbiasa dengan didikan orang tua saya yang selalu membiarkan saya menangis jika saya salah. Jadi sekarang saya punya anak saya terbiasa melakukan hal yang sama, karena menurut saya itu benar. Ketika anak yang sudah usia paham hal baik dan buruk menangis hanya karena merengek minta mainan yang dimiliki oleh teman mainannya, atau saat dilarang bermain benda yang berbahaya malah nangis menjadi-jadi, sebaiknya di biarkan saja bunda. 
Dengan begitu nanti anak akan terbiasa dan mengetahui hal yang doleh dan dilarang. Tapi jika bunda dengan sigap saat anak nangis meminta sesuatu, bunda langsung iya kan, justru tidak mendidik anak karena dia terbiasa mendapatkan sesuatu dengan mudah saat dia mengeluarkan jurus tangisnya. 
Dikhawatirkan akan berpengaruh saat anak dewasa nanti dia akan menjadi anak yang pemurung jika keinginannya tidak langsung dapat terpenuhi dan akan akan menjadi manja, tidak mau berusaha maunya langsung ada. Kalau seperti itu yang susah juga kita sendiri sebagai orang tuanya.

Ayo bunda sejak dini kita biasakan pada anak kita agar dia dapat membedakan hal yang baik dan yang buruk. Menangis itu boleh karena itu luapan emosi yang justru baik untuk di keluarkan, tapi jangan sampai anak kita menjadikan tangisannya senjata untuk melemahkan kita ya bun. Kita sebagai orang tua harus tegas dalam mendidik anak agar kelak dia dapat menjadi generasi hebat untuk negeri tercinta ini. Bunda juga jangan lupa selalu berikan gizi seimbang dan 2 gelas SGM Eksplor setiap hari untuk penuhi nutrisi buah hati dengan 5 potensi prestasi yaitu Cerdas Kreatif, Percaya Diri, Supel, Mandiri,  Tumbuh Tinggi dan Kuat. #GenerasiMaju #SGMEksplor #MombassadorSGMEksplor


0 comments:

Post a Comment