Pages

Friday, December 16, 2016

Berbagai Jenis Tanaman hias Pembersih Udara

Tanpa kita sadari ternyata disekeliling kita yang nampak bersih ternyata masih dapat kita jumpai banyak senyawa bahaya berterbangan di udara. Polusi udara ini tentunya akan mengurangi kualitas kebersihan oksigen yang kita hirup, sementara kita tahu bahwa oksigen sangat kita butuhkan untuk kelangsungan hidup. National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) yang telah melakukan penelitian terhadap beberapa jenis tumbuhan. Hasilnya, beberapa tanaman hias dalam ruangan ternyata mampu menyerap polutan dan gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang ada di udara. Sehingga udara bisa menjadi bersih dan sehat untuk dihirup penghuninya. Berbagai jenis tanaman hias pembersih udara yang dapat kita tanam dirumah baik dihalaman maupun menjadi hiasan di dalam rumah antara lain
1. Bunga krisan (Chrysanthemum morifolium)
Bunga Krisan
Bunga krisan dikenal juga sebagai bunga seruni. Tanaman hias yang satu ini memang terkenal sangat cantik dengan bunga yang berwarna-warni dan memiliki aroma wangi. Sehingga dapat menghadirkan suasana rileks dan sejuk pada rumah anda. Bunga ini memiliki kemampuan untuk menyerap benzena dari (lem,plastik,cat dan deterjen), formaldehida, dan bahan kimia lainnya dari udara

2. Lidah buaya(Aloe vera)
Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal juga Aloe vera, di Indonesia tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka. Saat ini lidah buaya dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, makanan, dan minuman kesehatan. Lidah buaya ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan, berupa menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.

3. Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)
Lidah Mertua

Lidah mertua meupakan jenis tanaman hias pembersih udara yang dapat menyerap racun dan dapat tumbuh dengan mudah bahkan ditempat gelap sekalipun. Berbagai jenis racun yang mampu diserap tanaman ini antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin. Baca juga Manfaat tanama lidah mertua (Sansivieria)

4. Peace Lily (Spathiphyllum)
Peace Lily

Bunga yang satu ini tidak kalah cantik warnanya putih bersih dan menyerupai kuncup tulip ini sangat cocok diletakkan didalam ruangan, warna daun yang hijau pekat dapat menghasilkan banyak oksigen dan memberikan kesegaran udara. Sangat baik dalam menghilangkan berbagai racun dan polutan di dalam ruangan seperti formaldehid, benzena, trichloroethylene, toluena, dan xilena.

5. Sirih gading (Epipremnum aureum)
Sirih gading

Sirih gading disebut juga golden pothos atau devil’s ivy adalah tanaman sejenia sirih berwarna gading, sangat cantik apabila digantung. Tanaman ini dapat menjadi pembersih udara dengan menyerap racun formaldehida dan berbagai polutan lainnya.

6. Spider plant (Chlorophytum comosum)
Spider plant

Spider plant atau dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Sebagai tanaman hias, tumbuhan ini dapat ditanam dalam pot dan diletakkan di ruangan. Spider plant dapat membuang zat karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang ada di dalam ruangan. Sebagai pembersih udara tumbuhan ini mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, bahan kimia pada industri kulit, karet dan pencetakan.

Berbagai jenis tanaman hias pembersih udara yang saya sampaikan diatas sangat mudah untuk kita jumpai, tidak ada salahnya mulai sekarang kita menanamnya agar udara disekitar kita tetap segar, bersih, dan sehat.

1 comments:

  1. Selain untuk hiasan pada taman rumah, tanaman hias juga banyak manfaat nya yaa.

    Ingin belanja tanaman hias??
    Kunjungi blog http://tukangtamanberkwalitas.blogpot.co.id

    ReplyDelete