Pages

Wednesday, November 30, 2016

Sistem Pembayaran Online Dukung Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai

Transaksi Non Tunai
Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai dicetuskan pada tanggal 14 Agustus 2014 oleh Bank Indonesia. Bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi agar lebih anam, dan efisien. Belakangan banyak beredar uang palsu, dengan adanya program ini Bank Indonesia berharap dapat meminimalisir peredarannya. Dalam hal ini Bank Indonesi terus berupaya meningkatkan pelaksanaan Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat melalui berbagai media.

Beberapa Transaksi Non Tunai:

  1. Transakasi melalui Internet Banking
  2. SMS Banking, Mobile Banking
  3. ATM (Automated Teller Machine)
  4. Transaksi melalui mesin EDC
  5. Kartu Debed dan Kartu Kredit

Keuntungan Transaksi Non Tunai:

  1. Tidak perlu cemas lagi soal kriminalitas karena membawa uang tunai dalam jumlah banyak.
  2. Bebas dari uang palsu.
  3. Tidak kerepotan dengan membawa uang koin yang dapat membuat berat kantong.
  4. Tidak khawatir soal higienis atau tidak uang yang disimpan di dompet.
  5. Semua transaksi tercatat.
  6. Terdapat banyak tempat yang memberikan diskon khusus bagi yang melakukan transaksi non tunai.
  7. Dengan kartu E-Money dapat melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja setelah mengisi sejumlah uang.
Macam-Macam Kartu Transaksi Non Tunai
Saat ini sudah banyak yang menggunakan transaksi non tunai, sebagai contoh online shop yang sistem pembayaran Online sangat mendukung Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai. Hanya dengan melakukan pembayaran secara online dapat melalui Internet Banking, SMS Banking, M-Banking atau ATM, maka barang akan kita dapatkan. Walaupun demikian, masih banyak masyarakat awam yang beranggapan transaksi non tunai lebih sulit karena telah terbiasa menggunakan transaksi tunai, dan kepercayaan terhadap transaksi tunai lebih tinggi.

Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai membidik generasi muda untuk berfikir kedepan dan mendukung terhadap perubahan yang membangun demi kenyamanan besama yang sejalan dengan negara kita. Generasi muda memiliki peranan yang besar dalam mewujudkan Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai, dimana saat ini banyak pengusaha muda yang selalu berinovasi  mengembangkan bisnisnya. Jika mereka menggunakan sistem pembayaran online atau transaksi non tunai dalam setiap transaksi dari bisnis yang meraka jalankan maka itulah sistem pembayaran online sangat diharapkan untuk mendukung Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai.

0 comments:

Post a Comment