Pages

Sunday, November 20, 2016

Tanaman Hias Spesies Langka dari Jenis Anggrek

Di indonesia terdapat banyak tanaman hias sepesies langka, salah satunya adalah anggrek. Sayangnya sepesies anggrek yang semakin langka bahkan disinyalir terancam punah. Semakin langka bahkan semakin punahnya beberapa jenis anggrek diakibatkan oleh pembalakan liar, kebakaran hutan dan aksi yang tidak bertanggung jawab oleh perburuan para penggemar anggrek yang tidak memperhatikan aspek pelestarian di alam aslinya.

Berikut beberapa jenis spesies langka dari anggrek


1.Anggrek hitam ( Coelogyne pandurata)

anggrek hitam

Anggrek hitam yang dikenal juga dengan nama lain Coelogyne pandurata. Seperti namanya, memiliki ciri khas pada bunganya yang mempunyai lidah berwarna hitam. Anggrek langka ini dalam bahasa Inggris dikatakan sebagai "Black Orchid". Sedang di Kalimantan Timur, jenis Anggrek Hitam yang langka ini memiliki nama lokal "Kersik Luai".

2. Anggrek Larat (Dendrobium phalaenopsis)

Anggrek larat
Anggrek Larat yang di kenal sebagai Cooktown Orchid, berkerabat dekat dengan sebagian type anggrek yang lain seperti Anggrek Merpati, Anggrek Albert, Anggrek Stuberi, Anggrek Jamrud, Anggrek Karawai, serta Anggrek Kelembai. Dalam bahasa latin tumbuhan ini di kenal sebagai Dendrobium phalaenopsis dengan persamaan kata Vappodes phalaenopsis, serta Dendrobium bigibbum.

3. Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)

Anggrek Tebu
Anggrek tebu yang dikenal juga dengan nama Grammatophyllum speciosum adalah anggrek paling besar, terbesar serta paling berat di antara beberapa jenis tanaman hias spesies langka dari jenis anggrek yang ada. Dalam satu rumpun dewasa, anggrek tebu beratnya hingga kurang lebih 1 ton serta memiliki panjang malai sampai 3 meter dengan diameter malai sekitaran 1, 5-2 cm. Hal itulah yang menyebabkan tanaman ini layak menyandang predikat sebagai anggrek paling besar serta terberat atau anggrek raksasa.
Bunga anggrek tebu berwarna kuning dengan bintik-bintik berwarna coklat, merah atau merah kehitam-hitaman. Bunga anggrek tebu tahan lama dan tidak mudah layu. Meskipun telah dipotong dari batangnya bunga anggrek raksasa ini mampu bertahan selama 2 bulan.

4.Anggrek Hartinah

Anggrek Hartinah
Anggrek Hartinah atau Anggrek Tien Soeharto yang dikenal juga dengan nama Cymbidium hartinahianum merupakan satu diantara type tumbuhan anggrek yang endemik (cuma tumbuh di daerah spesifik) Sumater Utara, Indonesia. Type anggrek ini diketahui pertama kalinya pada tahun 1976 di Desa Baniara Tele Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Anggrek Anggrek adalah anggrek tanah yang hidup merumpun. Anggrek Hartinah ini bersama puluhan anggrek lainnya seperti Anggrek Hitam, Anggrek Stuberi,Anggrek Bulan Bintang dan lain-lain dikategorikan sebagai tanaman yang dilindungi berdasarkan Peraturan pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

5. Anggrek Bulan Bintang

Anggrek Bulan Bintang
Anggrek Bulan Bintang yang dikenal juga dengan nama Paraphalaenopsis denevei. Dinamai bulan bintang karena bentuknya yang mirip bintang. Memiliki lima kelopak dan ada yang berbentuk seperti bulan di tengahnya. Warna dari bunga anggrek ini sangat indah dan menarik

7. Anggrek Stuberi (Dendrobium lasianthera)

Anggrek Stuberi
Anggrek stuberi yang dikenal juga dengan nama Dendrobium lasianthera dan Dendrobium ostrinoglossum. Warnanya perpaduan antara ungu, kuning dan putih. Kelopaknya memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari yang lainnya, bentuknya spiral. Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan anggrek yang hidup di Indonesia (Papua) dan Papua New Guinea. Di Indonesia dikenal sebagai anggrek stuberi, stroberi, atau strawbery. Anggrek Dendrobium lasianthera merupakan tanaman epifit yang tumbuh di daerah lembab dan membutuhkan banyak cahaya.

8. Anggrek Kasut Kumis (Paphiopedilum)

Anggrek Kasut Kumis
Anggrek kasut kumis yang dikenal juga dengan nama Paphiopedilum chamberlainianum. Bunga anggrek yang satu ini memiliki bentuk seperti kantung semar dan berbulu.

Anggrek diatas merupakan tanaman hias sepesies langka yang dilindungi keberadaannya. Sebagai warga negara yang baik, kita harus menjaga kelestarian alam agar anggrek ini tidak punah dari dunia.



0 comments:

Post a Comment